13 April 2014

Kumpulan Nama-Nama Presiden Republik Indonesia Dari Soekarno Sampai SBY beserta Foto Dan Diskripsinya

assalamu'alaikum wr.wb
slamat pagi pembaca, slamat datang kembali di blog herryant88, kemarin penulis sudah memposting tentang Uang satu Rupiah Indonesia, namun sekarang penulis akan posting tentang Presiden-Presiden yang pernah menjabat di Tanah Air Tercinta ini, INDONESIA. yaitu dari Soekarno sampai Susilo Bambang Yudoyono.
mari kita simak simak satu persatu :

1. Dr.Ir.H.Soekarno
Dr.Ir.H.SoekarnoDr.Ir.H.Soekarno merupakan presiden pertama bangsa Indonesia yang memerintahkan sejak tahun 1945 sampai tahun 1966. soekarno lahir di blitar, provinsi Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901. Gelar Insinyur yang soekarno perolehnya di THS (Techniche Hooge School) kalo sekarang berganti nama jadi ITB (Institut  Teknologi Bandung). setelah berhasil menyatukan bangsa Indonesia, beliau berusaha menghimpun bangsa-bangsa ASIA, AFRIKA, dan AMERIKA latin dalam KAA (Konfrensi Asia Afrika) pada tahun 1955 yang tepatnya dilaksanakan di bandung. dan pada tanggal 11 Maret 1966, melalui SUPERSEMAR (Surat Perintah Sebelas Maret), Soekarno digantikan oleh Soeharto. beliau wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di RSPAD Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Provinsi (Jawa Timur)
2. Jenderal TNI H.M.Soeharto
Jenderal TNI H.M.SoehartoBapak presiden kita yang kedua yaitu SOEHARTO, yang memerintahkan dari sejak tahun 1966-1998. lahr di Desa Kumusuk, Argamulya, Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 1921. karena jasanya dalam menumpas Pemberontakan/penghianatan pemberontak Gerakan 30 September/PKI (1965-1966) maka pada tanggal 1 Juli 1966 memperoleh pangkat jenderal menjadi panglima angkatan bersenjata (Pangab). Pada tanggal 12 maret 1967 menjabatkan diri sebagai presiden. kemudian soeharto berturut-turut di tetapkan menjadi calon tunggal presiden RI dari tahun 1978-1983,1983-1988, 1988-1993 dan 1993-1998. karena soeharto banyak mendapatkan banyak krtikan khususnya dari para cendekiawan dan mahasiswa. akhirnya ia menyerahkan jabatannya kepada B.J.Habiebie yang ketika itu telah menjabat sebagai Wapres(Wakil Presiden). Soeharto wafat pada tanggal 21 Januari 2008 di RS Pusat pertamina, Jakarta.
3. Prof.Dr.Ing.B.J.Habiebie
Prof.Dr.Ing.B.J.HabiebieBapak presiden kita yang ketiga yaitu B.J.Habibie, beliau menjabat sebagai presiden ke-3 sejak 21 Mei 1998-20 Oktober 1999. Lhir si Pare-pare, sulawesi selatan pada tanggal 25 juni 1936. Sebelum menjabat sebagai presiden, beliau juga sempat menduduki berbagai macam jabatan penting diantaranya sebagai berikut : 




  •  Penasihat Presiden RI
  • memimpin Divisi Advanced techbology Pertamina (BPPT) 
  • merintis idustri pesawat terbang di bandung, bahkan beliau berhasil membuat pesawat terbang pertama Indonesia CN 235
  • menteri Riset dan Teknologi
  • Dirut Industri pesawat terbang Nusantara (IPTN)
  • Dirut Penataran PT.PAL (Pelayaran Angkatan Laut)
  • ketua badan pengkajian dan penerapan Teknologi (BPPT)
  • Wakil Presiden Republik Indinesia

ia meletakan jabatannya sebagai presiden RI, setelah pidato pertanggung jawaban tidak diterima oleh SU MPR 1999, Selama menduduki jabatannya, kabinet yang di pimpinnya dinamakan kabinet Reformasi Pembangunan.


 4. K.H.Abdurahman Wahid
K.H.Abdurahman WahidBapak Presiden kita yang ketiga yaitu K.H.Abdurahman Wahid atau sering di sapa orang dengan sebutan Gus Dur, beliau dilahirkan di Jombang, 14 Agustus 1940. menjabat sebagai presiden RI ke-4 setelah memalui proses pemilihan presiden pada tanggal 20 Oktober 1999. Sebelumnya dikenal sebagai ketua pengurus besar nahdatul Ulama (PBNU). Kabinet yang dipimpinnya dinamakan sebagai kabinet persatuan nasional. pada masa pemerintahannya, wilayah Indonesia berubah menjadi 32 Provinsi dan persentase pembagian kekayaan daerah hingga pusat, lebih baik dibandingkan pemerintahan sebelumnya. karena ia menolak memberikan pertanggung jawaban di depan sidang istimewa MPR. maka, selesai sudah jabatannya sebagai presiden RI. dan beliau wafat pada tanggal 30 desember 2009


5. Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri
Presiden kita yang ke 5 ini beda dari yang lainnya, yaitu seorang wanita yang bernama ibu Megawati Soekarnoputri nama lengkapnya Dyah permata megawati Styawati Soekarnoputri. lahir di Yogyakarta tanggal 23 januari 1946. beliau Dilantik sebagai Presiden ke-5 RI pada tanggal 23 Juli 2001 melalui Tap MPR No.III/MPR/2001 untuk menggantikan gusdur. penetapan ini terhitung sejak diambilnya sumpahnya sampai selesai masa jabatannya pada tahun 2004.






6. Jenderal Purnawirawan Susilo Bambang Yudhoyono

jenderal Purnawirawan Susilo Bambang Yudhoyono Susilo bambang Yudhoyono adalah presiden RI ke-6, beliau Lulusan AKABRI (1973) yang akrab disapa SBY ini lahir di pacitan, jawa timur 9 September 1949. Perjalanan Kariernya di bidang militer. dimulai dengan memangku jabatan sebagai dan TonpanYonif Linud 330 Kostrad (Komandan Peleton III di Kompi Senapan A, batlyon Infantri Lintas Udara 330/Tri dharma, Kostrad) tahun 1974-1976, membawahi langsung sekitar 30 prajurit. batalyon Linud 330 merupakan salah satu dari tiga batlyon di brigade infantri Lintas Udara 17 Kujang I/Kostrad, yang memiliki nama harum dalam berbagai operasi militer. bahkan SBY dipercaya sebagai komandan kontingen Perdamaian PBB di Bosnia  Herzegovina dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Setelah kemabli dari Bosnia, ia diangkat menjadi kepala staff Kodam Jaya (1996-1997) sekaligus ketua bakorstanasda dan ketua fraksi ABRI MPR (Sidang Istimewa MPR 1998) sebelum menjabat kepala staf teritorial (Kaster) ABRI (1998-1999). sementara langkah politiknya  dimulai pada tanggal 27 januari 2000, saat memutuskan untuk pensiun lebih dini dari militer, ketika di percaya menjabat sebagai menteri pertambangan dan energi pada pemerintahan presiden K.H.Abdurahman Wahid. tak lama kemudian, SBY pun terpaksa meninggalkan posisinya sebagai Mentamben karena Gus dur memintanya menjabat sebagai menkopolsokam. pada tanggal 10 Agustus 2001, presiden megawati mempercayai dan melantiknya menjadi menko polkam kabinet gotong royong.


tetapi pada 11 maret 2004, ia memilih mengundurkan diri dari jabatan menko polkam. langkah pengunduran diri ini membuatnya lebih leluasa menjalankan hak politik yang akan mengantarkannya ke kursi puncak kepemimpinan nasional. akhirnya pada pemilu presiden langsung putaran II, 20 September 2004, SBY yng berpasangan dengan Jusuf kalla meraih kepercayaan mayoritas rakyat indonesia dengan perolehan suara diatas 60 % pada tanggal 20 oktober 2004, ia dilantik menjadi presiden RI ke - 6 hingga sampai waktu sekarang. dan beberapa waktu kedepan lagi masa jabatan presiden akan di tentukan kembali oleh rakyat. karena habisnya masa jabatan presiden.

nah, itulah presiden-presiden yang pernah menjabat di negara kita, semoga bermanfaat. sekian
wassalamu'alaikum wr.wb

4 comments:

  1. mantap lanjutkan sharing nya..
    Komen baliknya saya tunggu

    ReplyDelete
  2. presiden selanjutnya JOKOWI :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. Jika Allah Berkehendak pasti ya jadi. :D
      trimakasih mas rachmat udah mampir.

      Delete

Trimakasih Telah berkunjung Di blog ini, mudah-mudahan Informasi atau artikel di atas bermanfaat bagi para pembaca, amin.
wasalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatu