29 April 2014

Bagaimana Teknik Dasar Dalam Bermain Gitar Akustik

Asalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatu. sebelum penulis membahas artikel ini, penulis menyadari bahwa artikel ini masih jauh dari sempurna, untuk itu jika ada salah dan kekurangan penulis mohon maaf serta mempersilahkan pembaca untuk memberikan saran atau kritik yang membangun demi kepentingan bersama dalam berbagi informasi serta ilmu yang bermanfaat, amin.

kali ini penulis akan posting bagaimana teknik dasar bermaian gitar akustik. yap, bermain gitar yang indah memerlukan teknik khusus yang indah pula. banayk para pemain gitar yang bisa bermain gitar namun tidak memahami betul teknik bermain gitar, dan akhirnya sangat membosankan. Disini penulis akan posting Dasar bermain gitar akustik. bermain gitar akustik, berbeda dengan bermain gitar klasik, kalau klasik teknik bermainnya dengan metode memetik senar, dan kalau gitar akustik dengan cara up-down yaitu mengayunkan tangan ke atas dan kebawah, atau biasa di sebut genjreng. tidak perlu panjang lebar lagi, sekarang waktunya kita mulai pembelajarannya. simak tutorial berikut :

1.Pengenalan Kunci Gitar
Kunci gitar sangat penting kita pahami, karena bagaimana mau bermain gitar kalau tidak tau ilmunya. buat pemula, akan penulis ajarkan bagaimana  mengenal kunci gita. nah, di sini akan penulis kenalkan buat pemula yaitu pengenalan kunci mayor sama minor, mayor adalah nada yang secara umum yaitu penuh, kalau minor adalah nada secara khusus yaitu setengah. untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.
  1. Diagram kunci gitar mayor
    Mayor


  2. Diagram kunci Gitar Minor
    Minor

2.Pembelajaran Dari Penulis
Penulis akan Memberikan Saran Kepada pembaca untuk menghafalkan Kunci-kunci gitar di atas, jangan tergesa-gesa dalam menghafal, cukup satu persatu atau dua kunci saja. dan jangan menghafalakan kunci secara berurutan, karena itu malah membuat proses pengenalan sangat lama. pakai kunci-kunci yang enak di dengar, dan terapkan pada saat bermain gitar. penulis menyarankan untuk anda sebagai pemula menggunakan kunci C-D-G-Em-Am-D-G, ulangi terus hingga anda mahir dalam memainkannya, jika sudah coba anda kembangkan sendiri dengan menghafal kunci yang lain.

slamat belajar, Mudah-mudahan tutorial di atas Mempermudah anda dalam bermain gitar. pembelajaran ini emang sedikit-sedikit karena penulis memang membatasinya agar mudah di pahami dan di mengerti pembaca serta mudah di ingat. sekian dan trimakasih.

4 comments:

  1. makasih tutorialnya mas,dulu sih pernah bisa dikit2main gitar untuk begadang tp udah lama banget nggak megang gitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. knpa gak lanjut lagi aja mas. :D
      gitar kan alat musik keren. :)

      Delete
  2. Saya dikit2 bisa main gitar mas,tapi dari dulu lagu n kuncinya jg itu2 saja,hehehe
    makasih mas informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikit dikit gak apa apa mas, nanti lama-lama berkembang. :D
      saya pun dulu juga seperti itu namun alhamdulillah sekarang menguasai cukup baik. :)

      Delete

Trimakasih Telah berkunjung Di blog ini, mudah-mudahan Informasi atau artikel di atas bermanfaat bagi para pembaca, amin.
wasalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatu