28 April 2014

Bagaimana Pembelajaran Mengenai Gitar Klasik

Asalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatu. sebelum penulis membahas artikel ini, penulis menyadari bahwa artikel ini masih jauh dari sempurna, untuk itu jika ada salah dan kekurangan penulis mohon maaf serta mempersilahkan pembaca untuk memberikan saran atau kritik yang membangun demi kepentingan bersama dalam berbagi informasi serta ilmu yang bermanfaat, amin.

kali ini penulis akan share tentang bagaimana bermain gitar klasik. wah, tumben ni penulis posting masalah musik.? ya. saya memang suka bermain musik terutama gitar. banyak orang-orang di dunia ini yang sangat ingin bermain gitar, namun banyak juga yang gagal bisa bermain gitar. bisa namun hanya sekedar bisa, tidak tau teori dan tekniknya. bermain gitar yang saya tau ada dua jenis, yaitu bermain gitar klasik dan akustik, yang akan saya bahas di sini adalah masalah gitar klasik, gitar klasik biasanya di mainkan dengan gaya memetik senar, bukan di up-down, itu tu mengayunkan tangan yang biasa di sebut genjreng. Saya sebut up-down adalah karena mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah. bermain gitar ala klasik gampang-gampang susah, di sebut gampang karena orang-klasik sangat tertarik bermain gitar dengan cara yang tua, yaitu memetik senar. di sebut susah karena banyak pengguna  gitar yang memakai jenis permainan akustik dan saat bermain klasik sangat kesulitan. nah, sekarang saya akan bahas masalah pengenalan, anda penasaran.? lihat langkahnya di bawah ini :

1.Pengenalan nada dasar
Nada Do = C
Nada Re = D
Nada Mi = E
Nada Fa = F
Nada Sol = G
Nada La = A
Nada Si = B
Nada Do' = C'

2.Pengenalan Oktaf dalam Partitur
oktaf adalah tingkatan nada yang biasa di bilang 1.do 2.re 3.mi dan seterusnya, agar lebih jelas. lihat gambar.
nada satu oktaf, dan ini tingkat yang pertama
jika dua oktaf bisa di teruskan ke tingkat ke dua, yaitu tingkatan nada yang lebih tinggi dari gambar di atas. untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.
nada dua oktaf, dan ini tingkatan 1 - 2

nah, itulah penjelasan sedikit mengenai bermain gitar klasik, tunggu postingan berikutnya. yaitu penerapan diagram not balok itu pada gitar.

slamat belajar, semoga bermanfaat (amin). sekian dan trimakasih.

No comments:

Post a Comment

Trimakasih Telah berkunjung Di blog ini, mudah-mudahan Informasi atau artikel di atas bermanfaat bagi para pembaca, amin.
wasalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatu